Tiga Jus Buah Ini Terbukti Mampu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tiga Jus Buah Ini Terbukti Mampu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

22 Juni 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Dan bahkan mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat. Sehingga melakukan langkah-langkah untuk mencegah dan menurunkannya, sangat penting.

Nah, salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan minum tiga minuman berikut.

Mengutip viva.co.id, Minggu (22/6/2019) tiga minuman ini telah terbukti menurunkan tekanan darah. Di antaranya adalah jus jeruk, jus delima, dan jus tomat.

Jus jeruk

Makan makanan yang mengandung potasium, terbukti membantu mengendalikan tekanan darah seseorang. Menurut dokter online Superdrug, potasium adalah mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Ia bekerja menyeimbangkan efek negatif yang dimiliki garam, terhadap tubuh.



Jus delima

Dalam sebuah studi 2013, orang dengan hipertensi ditemukan memiliki penurunan tekanan darah yang signifikan, setelah mengonsumsi 150 mililiter jus delima setiap hari selama dua minggu.

Studi lain, ('Pengaruh konsumsi jus buah delima pada tekanan darah dan kesehatan jantung') menemukan efek yang sama, terutama untuk tekanan darah sistolik - angka tinggi dalam pembacaan tekanan darah.



Jus tomat

Penelitian terbaru menunjukkan efek positif jus tomat. Jus tomat ditemukan mengurangi tekanan darah dan kolesterol, pada orang yang berisiko terkena penyakit jantung.

Sebanyak 481 peserta di Jepang dalam penelitian ini, diberi jus tomat tawar, sebanyak yang mereka inginkan selama setahun penuh.

Alhasil tekanan darah turun rata-rata tiga persen di 94 peserta, dengan pra-hipertensi atau hipertensi yang tidak diobati. Temuan ini kemudian diterbitkan dalam jurnal Food Science and Nutrition.