Jumat, 21 Juni 2019

GAYA-HIDUP

Terjebak Macet di Siang Hari, Pengemudi Perlu Antisipasi Overheat Lebih Dini

news24xx


Ilustrasi mesin mobil mengalami overheat. Foto: carvillesautomart.com. Ilustrasi mesin mobil mengalami overheat. Foto: carvillesautomart.com.

RIAU1.COM -Kendala ‘overheat’ jadi salah satu musuh terbesar pengemudi kala melakukan perjalanan panjang, apalagi terjebak macet di siang hari. Kondisi ini bisa membuat mesin mobil bisa mati tiba-tiba di jalan.

Sebelum mobil mengalami mogok atau mati karena suhu mesin yang tinggi, pengemudi perlu mengantisipasi gejala overheat lebih dini. Sehingga, kendaraan bisa sedikit terselamatkan.

Ciri mobil ketika akan mengalami gejala overheat adalah, pendingin udara kabin atau AC mobil tak berfungsi lagi.

“Jadi Electronic Control Unit (ECU) akan secara otomatis mematikan sistem pendingin udara. Ini sudah menjadi pertanda buat pengemudi menepikan kendaraan dan melakukan pemeriksaan,” ucap Technical Support Auto 2000, Agus Mustafa dikutip dari Kumparan.com, beberapa waktu lalu.

Bila pengemudi masih memaksakan mobil untuk dijalankan, tanda lainnya adalah indikator suhu yang akan berkedip-kedip. Umumnya ketika suhu di 86-91 derajat celcius, ada motor vent yang akan menurunkan suhu hingga 87 derajat lagi.



BACA JUGA : Rizky Febian Umbar Kemesraan Dengan Azalia Bianda, Yuk Kepoin

"Tapi bila sudah lebih dari 91 derajat celcius, indikator suhu akan berkedip, dan bila diabaikan indikator akan menyala terus, artinya sudah dalam kondisi overheat sekali,” ucapnya.

Kemudian bila kembali diabaikan, indikator suhu pada mesin mobil sudah tak lagi berkedip melainkan terus menyala. Ini pertanda mesin sudah mengalami overheat cukup parah.

Bila seperti itu jangan lagi ditunda. Sebaiknya langsung tepikan kendaraan. Karena jika dilanjutkan, kerusakan kendaraan bisa semakin parah. Sebenarnya, sangat dianjurkan untuk pengemudi langsung menepikan kendaraan ketika tanda pertama sudah muncul --AC mati.

Ketika tanda overheat mulai muncul, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, mengutip panduan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas terbitan Korlantas Polri dan Astra International. Tepikan kendaraan dan parkirkan di tempat yang aman.



BACA JUGA : Awas, Ini Bahaya Telur Bebek Yang Harus Diketahui

Tarik rem parkir dan matikan mesin mobil. Bila keluar asap dari sela-sela kap mesin, jangan langsung membuka. Tunggu hingga uap mereda.

Setelah mesin dingin periksa radiator. Jika ketinggian air radiator di bawah garis minimum, hidupkan mesin lalu tambahkan air hingga batas maksimum

Cek kipas pendingin radiator. Bila tak berfungsi dan temperatur masih panas segera hubungi bengkel terdekat.