Jumat, 21 Juni 2019

GAYA-HIDUP

Ingat Wajah Tapi Lupa Nama, Gejala Penyakit Kah ?

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Musim lebaran menjadi moment silaturahmi bagi seluruh umat muslim saat bertemu saudara dan teman-teman lama yang sekian lama tidak bersua. Namun, padatnya aktifitas dan terbatasnya waktu untuk bersua seringkali membuat anda sulit mengingat nama ataupun wajah seseorang.

Teekadang anda ingat wajahnya, namun tidak dengan namanya. Saat mendatangi acara reuni, anda pasti mengingat wajah-wajah teman-teman yang dulu. Sayangnya, sebagian besar dari Anda mungkin tidak lagi mengingat nama mereka dengan baik.



BACA JUGA : Rizky Febian Umbar Kemesraan Dengan Azalia Bianda, Yuk Kepoin



Mengutip okezone.com, Minggu (9/6/2019), apa yang menyebabkan anda sering lupa nama orang, tapi mampu mengingat wajahnya merupakan fenomena yang sangat erat kaitannya dengan otak. Otak memiliki fungsi kompleks, salah satunya mengatur memori.

Di otak terdapat bagian khusus yang bertugas untuk mengenali wajah. Bagian otak ini disebut dengan fusiform face area. Letaknya berada di lobus temporal, di bagian belakang telinga.

Sementara itu, otak tidak memiliki bagian yang secara khusus untuk mengingat nama. Otak hanya memiliki bagian yang diperuntukkan mengingat kata-kata. Nama adalah contoh dari kata khusus, bukan kata-kata yang biasanya Anda gunakan untuk menyusun sebuah kalimat.



BACA JUGA : Awas, Ini Bahaya Telur Bebek Yang Harus Diketahui



Adanya bagian otak khusus inilah yang memungkinkan seseorang lebih mengingat wajah tapi sering lupa dengan nama orang. Sebab, ketika mengingat nama dengan wajah secara bersamaan, otak memiliki tugas yang berbeda.

Nah, untuk mengingat wajah, otak akan mendapatkan lebih banyak tugas, seperti melihat, mengenali, mengamati, dan menyimpannya sebagai sebuah memori. Sedangkan, untuk mengingat sebuah nama, otak hanya diperintahkan untuk mendengar dan menyimpannya. Tak perlu melibatkan pengamatan.

Sering tidak ingat nama orang, memang bukan hal yang terlalu mengkhawatirkan. Namun, hal ini bisa membuat Anda jadi tidak enak hati jika diharuskan menyapa atau mengobrol dengan orang tersebut.