Selasa, 23 Juli 2019

GAYA-HIDUP

Benarkah Mengkonsumsi Cincau Bisa Atasi Panas Dalam? Berikut Faktanya..

news24xx


Ilustrasi Cincau Ilustrasi Cincau

RIAU1.COM - Cincau, dipercaya sebagian maayarakat sebagai salah satu obat untuk mengatasi panas dalam. Cincau merupakan makanan yang dibuat dari sari tanaman, yang kemudian berbentuk jeli atau agar-agar. Terdapat dua jenis cincau, yaitu cincau hijau dan cincau hitam.

Dikutip dari Hellosehat.com, dari hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Engineering and Science Research, ditemukan fakta bahwa cincau hijau mengandung antioksidan, salah satunya fenol.



BACA JUGA : lni Beda Serangan Jantung dengan Henti Jantung



Dalam penelitian disebutkan bahwa kandungan antioksidan ini berpotensi memberikan efek positif jika dikonsumsi oleh orang dengan hiperurisemia (tingginya kadar asam urat dalam darah).

Sementara itu, cincau hitam juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan tanin. Disebutkan bahwa cincau hitam memiliki manfaat sebagai antidiabetes, antikanker, antihipertensi, mengendalikan kolesterol, dan antidiare.



BACA JUGA : lni Gejala Tangan Gemetar Yang Perlu Kamu Waspadai 



Namun, dari beberapa penelitian tersebut tidak ada yang menyebutkan bahwa cincau bermanfaat untuk meredakan panas dalam. Selain itu, belum ada penelitian langsung mengenai manfaat cincau baik yang hijau maupun hitam sebagai obat alami panas dalam.

Oleh sebab itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah cincau memang benar-benar efektif untuk meredakan panas dalam.