Kesal dengan Video Autoplay di Web? Firefox Versi 66 Beri Solusinya

Kesal dengan Video Autoplay di Web? Firefox Versi 66 Beri Solusinya

22 Maret 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Fitur autoplay atau pemutaran video secara otomatis yang kerap ditemukan pada sejumlah website, terkadang sangat menggangu dan mengurangi kenyamanan para pengguna internet saat berselancar di dunia maya.

Menjawab keluhan para pengguna ini, peramban Firefox yang paling banyak digunakan untuk berselancar, menambahkan sejumlah fitur baru pada versi 66. Salah satunya memblokir fitur autoplay.

Pengaturan blokir video autoplay bisa diatur dengan mengklik ikon "i" di sebelah kiri kotak alamat URL, sebagaimana terlihat di ilustrasi di bawah.

Melalui ikon itu, pengguna juga bisa mengatur pengecualian situs di kolom 'Permissions' agar fitur autoplay tetap berjalan. Pengecualian tersebut bisa diatur dengan memilih opsi 'Allow' untuk mengizinkan situs yang sedang dikunjungi memainkan video secara otomatis dengan suara.

Kemudian pengguna juga bisa memilih "Block" untuk memblokir kemampuan autoplay video yang ada pada di situs tersebut. Firefox sendiri tak akan memblokir video yang dimainkan secara otomatis dan secara default memang tidak ada suaranya.

Loading...

Pemutaran video secara otomatis setelah pengguna selesai menonton, seperti menonton satu episode di Netflix dan berlanjut ke episode berikutnya, juga akan berfungsi seperti biasa, artinya tidak bakal diblokir oleh Firefox.

Dilansir Kompas.com, selain fitur pemblokir autoplay, Firefox 66 juga mendatangkan fitur 'scroll anchoring' atau fitur yang mencegah konten halaman hilang saat iklan sedang dimuat.

Fitur ini bisa dimanfaatkan ketika pengguna mengunjungi situs yang penuh dengan iklan atau situs yang menyodorkan iklan terlebih dahulu sebelum pengguna melihat isi website tersebut.