Jumat, 24 Mei 2019

GAYA-HIDUP

Bukan Fogging, Tanaman lni Lebih Ampuh Usir Nyamuk dari Rumah

news24xx


Foto: Internet Foto: Internet

RIAU1.COM - Penyakit demam berdarah masih jadi ancaman serius bagi masyarakat. Apalagi dalam kondisi cuaca yang tak menentu seperti sekarang, membuat nyamuk kian merajalela. 

Melihat hal ini, fogging merupakan salah satu cara untuk mengurangi populasi nyamuk. Sayangnya, fogging hanya membunuh nyamuk dewasa. Sedangkan telur dan jentiknya masih bisa berkembang biak. 

Kalau sudah seperti ini, bagaimana solusinya? Pasalnya melakukan 3 M saja tidak cukup untuk memberantas nyamuk. Perlu ada tindakan tambahan supaya serangga tersebut bisa mati. 

Dilansir dari laman jitunews.com, 14 Maret 2019, ada cara ampuh yang bisa dilakukan untuk membasmi nyamuk adalah dengan menanam beberapa tumbuhan di sekitar rumah. 

Ada tiga tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk demam berdarah. Adalah kemangi, jahe dan lengkuas. Letakkan saja ketiganya di sekitaran rumah supaya bau dari ketiga tumbuhan tersebut dapat tercium oleh serangga membahayakan tersebut. 

Tapi dengan syarat, si pemilik rumah juga perlu melakukan langkah menutup, mengubur dan menguras agar telur dan jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak. 

Hal ini berbeda dengan yang dikatakan oleh Prof Dadang dari Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB) seorang Pakar Insektisida Nabati. 

Tanaman sereh (serai), lavender dan zodia sangat baik untuk mengusir nyamuk. Jadi pemilik rumah perlu menanam tanaman ini di sekitar huniannya. 

Namun perlu diingat, tanaman tersebut perlu dirawat dengan baik, tidak asal diberi pupuk atau disiram saja. Tapi juga pemangkasan perlu dilakukan jika daun tanaman sudah rimbun. 

Pasalnya, jika daun dari tumbuhan tersebut tidak dipotong secara berkala, tanaman akan menjadi sarang baru bagi nyamuk.