Senin, 25 Maret 2019

GAYA-HIDUP

Hati-hati, Gula dan Garam yang Dikonsumsi Berlebihan Bisa Merusak Ginjal

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Hipertensi dan diabetes adalah faktor risiko utama terjadinya penyakit ginjal kronik. Diketahui, salah satu penyebabnya sakit itu karena garam dan gula. 

"Diabetes dan hipertensi, keduanya mengganggu pembuluh darah di ginjal, dan kemudian terjadi kerusakan filtrasi dan lama-lama menggangu fungsi ginjal," ujar dr Aida Lydia, PhD, SpPP-KGH selaku Ketua Umum PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB Pernefri) dilansir dari Iaman detikHealth, 15 Maret 2019.

Disebutkan oleh dr Aida, penyakit ginjal sendiri tidak memiliki gejala pada saat stadium awal, sehingga biasanya terdeteksi pada stadium lebih lanjut. Parahnya, terkadang penyakit ini kita tahu sudah sangat berbahaya ketika ginjal memang sudah tidak berfungsi atau gagal ginjal. 

"Pertama kenali diri sendiri dan keluarga, ada risiko nggak, apa ada yang sakit ginjal, atau hipertensi, atau diabetes? Kalau memang demikian sudah sebaiknya diperiksakan darah dan urine," saran dr Aida. 

Seperti yang kita ketahui, penyakit diabetes terjadi karena kelebihan mengonsumsi yang manis-manis dan hipertensi karena kelebihan mengonsumsi yang asin-asin. Maka dari itu, kamu disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula dan garam.