Selasa, 26 Maret 2019

GAYA-HIDUP

Cuma Rp 100 Ribu, Ilmuwan India Buat Bra Pendeteksi Kanker Payudara

news24xx


Contoh penampakan bra Pendeteksi kanker payudara buatan ilmuwan India.  Contoh penampakan bra Pendeteksi kanker payudara buatan ilmuwan India.

RIAU1.COM - Ini kabar gembira untuk para wanita. Seorang ilmuwan India telah mengembangkan bra yang dapat mendeteksi kanker payudara. Harganya cuma Rp 100 ribuan. 

Dr. A Seema, Ilmuwan yang bergabung dengan Pusat Bahan untuk Teknologi Elektronik di negara bagian selatan Kerala, India, ini juga telah memenangkan kehormatan sipil tertinggi bagi wanita di negara itu atas penemuannya.



BACA JUGA : 50 Bikers Ikuti Kompetisi Safety Riding for Advisor Community Capella Honda Riau 2019

 

Menurut laporan dari surat kabar lokal, bra temuannya dipasangi sensor yang dapat mengidentifikasi perbedaan suhu sel kanker saat sedang terbelah.

Penemuan ini kedepannya akan membantu dalam menentukan apakah seseorang terkena tumor mematikan itu atau tidak.

Sensor mikro (yang berukuran panjang 1 mm, lebar 1 mm dan kedalaman 1,5 mm), yang disebut probe, dijahit ke kedua cangkang bra dan dihubungkan satu sama lain.

Data yang dikumpulkan oleh benda itu ditransfer ke komputer melalui soket dalam gambar 2D. Data juga dapat ditransfer melalui ponsel dan Bluetooth.

Bra itu hanya dibanderol kurang dari INR 500 (sekitar US$ 7 atau sekitar Rp 100 ribuan).

Bahkan, Seema mengatakan begitu produksi massal dimulai, harganya dapat dikurangi menjadi hanya INR 200 (US$ 3), mengutip laporan situs berita e27, seperti dilansir CNBC Indonesia, Sabtu, 9 Maret 2019. 

Bra berbahan kapas ini juga bebas radiasi.


BACA JUGA : Fatwa Haram Game PUBG Mobile, Begini Respon Menpora RI Imam Nahrawi

 
Berdasarkan laporan ini, tes telah berhasil dilakukan pada 117 pasien dari Malabar Cancer Centre, dan hasilnya sama jika dibandingkan dengan hasil mammogram, alat scan X-ray payudara.

Pada 2017, remaja Meksiko Julian Rios Cantu juga telah mengembangkan bra serupa, yang katanya dapat bertindak sebagai sistem peringatan dini untuk gejala kanker payudara. 

Fungsi dibuatnya bra Eva ini adalah bahwa biosensor akan mengukur suhu, mencatatnya dalam suatu aplikasi, dan mengingatkan pengguna akan adanya perubahan yang mengganggu. 

R1/Hee