Tahukah Anda, Semakin Banyak Makan Lemak, Semakin Sehat Otak Anda

Tahukah Anda, Semakin Banyak Makan Lemak, Semakin Sehat Otak Anda

19 Februari 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Ingat, tidak semua lemak itu jahat dan harus dihindari. Asupan lemak baik, khususnya omega-3 dan omega-6 dari ikan dan buah-buahan seperti alpukat, bekerja mengurangi peradangan pada otak sekaligus mendukung kekuatan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, asam lemak omega-3 merupakan nutrisi utama yang membantu berjalannya fungsi otak. 

Komposisi otak terdiri dari lemak yang sekitar seperempatnya dihasilkan oleh DHA, asam lemak yang termasuk dalam kelompok Omega-3. 

DHA berperan mendukung materi abu-abu otak yang terkait dengan kecerdasan. DHA juga membentuk kepekaan neuron yang membantu menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat. 

Melansir laman hellosehat, 15 Februari 2019, sebuah studi menunjukkan bahwa peningkatan asupan asam Iemak omega-3 dari makanan seperti ikan dan minyak sayur bisa membantu menangkal risiko Alzheimer. 

Loading...

Studi lain juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen minyak ikan Iebih terlindungi dari risiko pelemahan (atrofi) otak dibandingkan orang-orang yang tidak mengonsumsi minyak ikan.