Benarkah Sakit Kanker Bisa Disembuhkan Dengan Obat Herbal?

Benarkah Sakit Kanker Bisa Disembuhkan Dengan Obat Herbal?

19 Februari 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Beredar kabar yang menyebutkan bahwa ada tanaman yang bisa membantu untuk mengurangi gejala bahkan menyembuhkan kanker. Benarkah demikian?

"Saat ini, kita belum ada obat herbal untuk penyembuhan kanker yang fitofarmaka, tetapi memang ada jenis herbal untuk diabetes dan hipertensi," kata Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, Ina Rosalina Dadan, dilansir dari laman detikHealth, 16 Februari 2019.

Diketahui, fitofarmaka adalah obat tradisional yang sudah teregistrasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan sudah melewati uji klinik. Disebutkan bahwa fItofarmaka telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya dan bisa digunakan untuk pengobatan tertentu. 

"Memang, ada beberapa peneliti yang sudah melakukan pengobatan kanker yang masih dalam bentukjamu. Mencampurkan dua tanaman untuk mengobati kanker payudara, misalnya, karena biasanya pasien sudah melakukan kemoterapi tetapi nggak kunjung sembuh," tambahnya. 

Obat yang sudah teregistrasi sebagai fitofarmaka adalah vinkristin. Disebutkan bahwa obat ini dipakai bersamaan dengan kemoterapi, jadi pengobatannya dibarengi antara konvensional dan tradisional. Namun perlu kamu ingat bahwa obat ini hanya mengurangi saja bukan menyembuhkan. 

Namun yang pasti, obat herbal sebenarnya bisa meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, membantu revitalisasi tubuh. Bukan untuk menyembuhkan atau menghilangkan sel kanker.