Sabtu, 24 Agustus 2019

GAYA-HIDUP

Berikut Tips Agar Tetap Sehat dalam Mengkonsumsi Mie

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Mie menjadi salah makanan favorit bagi semua kalangan dan hampir di setiap negara, termasuk di Indonesia yang punya beragam olahan mie yang kemudian menjadi makanan khas diberbagai daerah.

Kandungan karbohidrat di dalam mie diyakini bisa membuat kenyang selain mengkonsumsi nasi, tapi terlalu banyak mengkonsumsi mie juga tidak baik bagi kesehatan dan bisa menimbulkan sembelit, terlebih jika diolah dengan bahan pengawet.

Tapi, gangguan kesehatan akibat sering mengkonsumsi mie bisa dihindari dan tetap bisa menikmati lezatnya berbagai makanan olahan dari mie. dr. Juwalita Surapsari Sp.GK memberikan sejumlah tips sehat mengkonsumsi mie.



BACA JUGA : Ini Tanda-Tandanya Jika Tubuh Kekurangan Protein

1. Pilih Mie yang akan Dikonsumsi

Agar tetap sehat dalam mengkonsumsi mie, sebaiknya memilih mie yang bukan mie instan. Hal ini supaya bisa mengatur sendiri takaran bumbu saat memasaknya.

Mie yang akan dikonsumsi tidak boleh sembarangan, pastikan produk mie tersebut higenis dan tidak mengandung formalin, serta mencantumkan izin edar dari BPOM.

Cara mengenali mie berformalin yakni tekstur mie lebih kenyal dan kaku. Selain itu, jika dipapar dalam suhu ruang, tidak ada lalat yang hinggap di mie tersebut.

2. Perhatikan Bumbu yang Digunakan Memasak Mie

Meski mengandung karbohidrat, mie tidak memiliki gizi. Karena kandungan karbohidrat dalam mie berbeda dengan karbohidrat kompleks.



BACA JUGA : Jangan Makan Semangka Sebelum Tidur, Ini Akibatnya

Agar mie yang dikonsumsi memiliki gizi yang cukup, sebaiknya dengan sayuran serta protein seperti ayam, telur hingga seafood. Konsumsi mie saja memang bisa mengenyangkan, tapi tidak ada kandungan gizinya.

3. Kurangi Mengkonsumsi Mie

"Mie merupakan karbohidrat sederhana yang kandungan seratnya sangat sedikit. Jika tidak diimbangi cukup serat dari buah dan sayur timbul gejala sulit buang air besar," ucap Juwita dilansir Viva.co.id.

Mengkonsumsi mie bisa dikatakan aman dan menyehatkan selama tidak berlebihan dan dengan tambahan bahan lain untuk memenuhi kebutuhan gizi.