Sabtu, 20 April 2019

GAYA-HIDUP

Buang Sisa Oli Motor Pakai Kompresor Ternyata Bisa Berakibat Fatal, Begini Cara yang Tepat

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Saat mengganti oli di bengkel-bengkel, banyak mekanik yang menggunakan semprotan angin dari kompresor dengan maksud membersihkan sisa-sisa oli yang tertinggal di dalam mesin.

Tapi ternyata, hal yang lumrah dilakukan oleh para mekanik ini ternyata memiliki dampak buruk. Karena, angin kompresor yang mengandung uap air justru bisa merusak mesin.



BACA JUGA : Tak Disangka, Konsumsi Pisang Mentah Banyak Manfaatnya

Dilansir dari Viva.co.id, tanpa dibersihkan dengan semprotan angin kompresor, sisa oli yang ada di dalam mesin bisa bersih dengan sendirinya.

Selain mengandung uap air, semprotan angin kompresor bisa mendorong kotoran yang terdapat di saringan oli masuk ke dalam rongga mesin yang membuat sepeda motor cepat rusak.

Namun, ada cara yang lebih aman jika memang ingin membuang seluruh sisa oli pada mesin saat melakukan penggantian oli, yakni dengan menggunakan starter engkol.



BACA JUGA : Sering Menggunakan Deodoran Bisa Sebabkan Kanker

Dengan menggunakan starter engkol saat mesin mati, dapat mendorong semua sisa oli yang masih menempel di bagian mesin keluar.

Cukup dilakukan tiga sampai lima kali dengan selama 10 menit, sisa oli kotor yang ada dalam ruang mesin akan keluar dengan sendirinya.