Jangan Pernah Tidur Setelah Makan, Akibatnya Bisa Fatal

Jangan Pernah Tidur Setelah Makan, Akibatnya Bisa Fatal

23 Januari 2019
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Jika kamu makan makanan berat mendekati waktu tidur, kamu akan mengalami berbagai masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal.

Sebagaimana dilansir dari HelloSehat, 23 Januari 2019, kamu akan mengalami akibat seperti ini: 

1. Heartburn 

Jika kamu makan mendekati waktu tidur, apalagi makan makanan yang tinggi lemak, kamu akan merasa penuh dan kembung. Lebih dari itu, langsung tidur setelah makan dapat menyebabkan heartburn, yaitu sensasi panas pada perut bagian atas atau terkadang sampai ke tenggorokan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. 

2. Stroke 

Penelitian oleh University of loannina Medical School di Yunani menunjukkan bahwa tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko penyakit stroke. Makan mendekati waktu tidur meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke tenggorokan sehingga menyebabkan sleep apnea yang berhubungan dengan stroke. 

Teori lain yang juga mungkin dapat menjelaskan hubungan antara makan sebelum tidur dengan stroke adalah bahwa setelah makan terjadi perubahan kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah. Ketiga perubahan ini mungkin dapat berdampak pada peningkatan risiko stroke. 

3. Menyebabkan email gigi rusak 

Diambil dari laporan laman lDNPortal, pengaruh asam lambung berlebih yang naik ke kerongkongan hingga sampai ke bagian mulut bisa mengikis permukaan gigi. Akibatnya email gigi menjadi tipis dan mudah mengalami kerusakan saat mengunyah makanan. 

4. Berisiko diabetes 

Tidur setelah makan meningkatkan penumpukan gula dalam darah. Kalau terus dibiarkan maka tubuh mudah terserang penyakit diabetes yang menurut pihak kedokteran memerlukan penanganan dan pengobatan khusus hingga akhir hayat. 

5. Mengalami penyakit Iambung mematikan 

Penyakit ini dinamakan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yang bisa menyebabkan komplikasi serius pada Iambung dan juga kerongkongan. Jika tidak segera diobati GERD bisa menyebabkan batuk kronik menahun, sesak nafas, muntah darah, kanker kerongkongan dan juga kanker esofagus yang sangat mematikan.