Sabtu, 24 Agustus 2019

GAYA-HIDUP

Selain Infeksi, Ini Penyebab Radang Tenggorokan Yang Paling Umum

news24xx


Selain Infeksi, Ini Penyebab Radang Tenggorokan Yang Paling Umum  Selain Infeksi, Ini Penyebab Radang Tenggorokan Yang Paling Umum

RIAU1.COM - Radang tenggorokan merupakan salah satu keluhan umum diderita masyarakat dengan gejala umum susah bicara, susah menelan ataupun rasa kering dan gatal di tenggorokan. Penyebab paling umum pada keluhan ini adalah infeksi.

Namun, tak hanya disebabkan oleh infeksi, mengutip detikhealth.com berikut beberapa penyebab terjadinya radang tenggorokan yang paling umum:

1. Infeksi
Infeksi bakteri streptococcus merupakan penyebab pada 40 persen radang tenggorokan pada anak. Mikroorganisme lainnya seperti virus flu juga bisa menjadi salah satu pemicu terbanyak.



BACA JUGA : Ini Tanda-Tandanya Jika Tubuh Kekurangan Protein



2. Alergi
Sistem imun bereaksi pada pemicu alergi dalam berbagai bentuk. Radang adalah salah satunya, dan bisa terjadi di tenggorokan.

3. Iritasi
Cuaca kering menyebabkan mulut dan tenggorokan mudah mengalami gatal-gatal dan iritasi. Terlebih jika ada paparan polusi seperti asap rokok maupun debu.

4. GERD
Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau berbaliknya asam lambung ke arah mulut bisa menyebabkan iritasi. Biasanya disertai juga dengan nyeri di sekitar dada.



BACA JUGA : Jangan Makan Semangka Sebelum Tidur, Ini Akibatnya



5. Tumor
Tumor di sekitar rongga mulut juga bisa memicu radang tenggorokan. Perlu diwaspadai sebagai gejala kanker apabila tidak jelas penyebabnya dan tidak sembuh setelah beberapa waktu.

6. Berteriak
Tekanan otot saat berteriak atau berbicara terlalu keras bisa memicu radang pada tenggorokan. Apalagi dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama.