Pandemi Corona, Daihatsu Produksi Mobil 2 hari Sekali

Pandemi Corona, Daihatsu Produksi Mobil 2 hari Sekali

2 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Sejumlah perusahaan otomotif mulai melakukan penyesuaian dalam ritme kerja pegawainya, akibat pandemi corona atau Covid-19, termasuk PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

"Kami memilih kerja dua hari sekali supaya karyawan tidak mudik. Kalau libur dua minggu (sekaligus) karyawan umumnya balik kampung. Kami mau mendukung pemerintah mengatur supaya karyawan tidak mudik," ujar Corporate Planning & Communications Director ADM, Amelia Tjandra, Kamis 2 April 2020.

Ia menuturkan, kebijakan HPM yang merencanakan libur produksi atau tutup pabrik selama dua minggu dengan ADM yang menerapkan kerja dua hari sekali, sama saja.

"Ini kan urusan manajemen saja. Yang satu pilih per-2 mingguan kerjanya. ADM pilih kerja 2 hari sekali full 1 bulan," tuturnya.

Penyesuaian tersebut secara tidak langsung mengakui adanya penurunan produksi merespons penurunan permintaan. Namun, Daihatsu memastikan gaji karyawan tetap dibayar penuh. "Gaji tetap di bayar full," tegas Amelia.

Sebelumnya, Business Innovation and Marketing and Sales Director HPM Yusak Billy tak memungkiri penghentian produksi sementara ini tak terlepas dari masalah permintaan pasar yang terjun cukup dalam karena corona. Pasar mobil ambles cukup cepat karena corona.

"Kami telah menyesuaikan tingkat produksi kami dengan permintaan pasar. Karena situasi pasar yang berubah dengan cepat, kami terus menyesuaikan strategi kami untuk memenuhi permintaan pelanggan sambil tetap menjaga kondisi stok level yang sehat," sebut Yusak.

 


Sumber: CNBCIndonesia