Jokowi Menjanjikan Harga Gula dan Bawang Putih Turun Hingga Minggu Depan

Jokowi Menjanjikan Harga Gula dan Bawang Putih Turun Hingga Minggu Depan

2 April 2020
Jokowi Menjanjikan Harga Gula dan Bawang Putih Turun Hingga Minggu Depan

Jokowi Menjanjikan Harga Gula dan Bawang Putih Turun Hingga Minggu Depan

RIAU1.COM - Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo telah berjanji bahwa harga bahan pokok seperti gula dan bawang putih, yang dalam sebulan terakhir melonjak, akan stabil menjelang Ramadhan di bulan mendatang.

"Untuk gula, saya menerima laporan dari Menteri Pertanian bahwa akan turun ke kondisi normal minggu depan, yaitu Rp12.500 / kg. Kami berharap bawang putih minggu depan atau semoga minggu ini, kembali normal pada Rp20.000 -30.000 / kg, "kata Jokowi saat membuka pertemuan terbatas melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan, Bogor, pada Kamis, 2 April 2020.

Mengacu pada data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), sejumlah bahan pokok telah mengalami kenaikan harga selama bulan ini. Harga rata-rata cabai merah di pasar tradisional telah mencapai Rp50.850, naik 27 persen dibandingkan dengan harga pada 3 Maret 2020.

Demikian pula, bahan pokok lain yang juga mengalami lonjakan harga adalah gula. Harga rata-rata gula lokal di semua pasar tradisional di negara ini sekarang mencapai Rp18.450, naik 23,4 persen dibandingkan dengan harga pada tanggal 3 Maret. Selain itu, harga bawang merah juga naik hingga Rp40.700 / kg . Di sisi lain, harga bawang putih di Tanah Air masih tetap di kisaran Rp45.000 / kg.

"Kami berharap minggu depan semuanya akan normal dan kami harus memastikan bahwa logistik dalam distribusi akan lancar, sehingga makanan pokok tersedia di pasar," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, telah terjadi gangguan dalam distribusi bahan pokok karena penutupan jalan di beberapa daerah sebagai akibat dari wabah COVID-19.

Loading...

"Saya berharap Menteri Dalam Negeri akan memperingatkan daerah yang memblokir jalan di daerah mereka, sehingga distribusi logistik tidak akan terganggu. Saya punya laporan dari 3 daerah, beras terganggu karena jalan ditutup. Tolong beritahu kepala daerah diberitahu tentang hal ini, "tambah Jokowi.

 

 

R1/DEVI