Yogyakarta Sepi Dari Wisatawan Pasca Pandemi Virus Corona

Yogyakarta Sepi Dari Wisatawan Pasca Pandemi Virus Corona

31 Maret 2020
Yogyakarta Sepi Dari Wisatawan Pasca Pandemi Virus Corona

Yogyakarta Sepi Dari Wisatawan Pasca Pandemi Virus Corona

RIAU1.COM - Sebanyak 100 persen calon pengunjung telah membatalkan perjalanan mereka karena wabah COVID-19 di negara ini, menurut Asosiasi Agen Perjalanan dan Perjalanan Indonesia (ASITA).

"Ini berarti kami tidak mendapatkan pengunjung sejak pekan lalu hingga akhir Maret," kata kepala bab ASITA Yogyakarta, Udhi Sudiyanto, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip oleh tempo.co pada hari Selasa.

"Karena alasan keamanan dan keselamatan, banyak turis menunda atau membatalkan kunjungan mereka," tambahnya.

Aliran pembatalan yang stabil dimulai setelah Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengumumkan kasus COVID-19 pertama di negara tersebut. Pada awal Maret, tingkat pembatalan dan penjadwalan ulang masing-masing naik menjadi 15 hingga 20 persen dan 50 hingga 70 persen.

Sementara itu warga negara yang paling parah dilanda pandemi, seperti Prancis, Jerman, Spanyol, Malaysia, dan Cina, dilaporkan membatalkan perjalanan mereka untuk bulan April.

Menurut Udhi, pembatalan tidak hanya mempengaruhi agen perjalanan yang menjual paket wisata domestik dan masuk, tetapi juga mereka yang menawarkan wisata keluar, seperti perjalanan ke Eropa dan untuk umrah (haji minor).

Pariwisata adalah salah satu industri terpenting Yogyakarta. Bangga dengan situs budaya dan sejarahnya yang tradisional, wisatawan biasanya berduyun-duyun ke wilayah tersebut, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Karena situasi yang mengkhawatirkan ini, Udhi telah meminta semua pihak untuk bekerja sama dan saling membantu untuk mencegah penyebaran virus mematikan yang lebih luas, karena meratakan kurva pandemi adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan pariwisata negara itu.

"Kekhawatiran [mengenai penyebaran COVID-19] pasti akan mempengaruhi wisatawan yang bepergian ke Yogyakarta, tidak hanya mereka yang datang dari negara atau daerah yang terkena pandemi, tetapi juga dari tempat-tempat yang bebas dari itu," kata Udhi.

Namun pembatalan perjalanan dapat dipahami, karena situs wisata populer saat ini ditutup untuk pengunjung hingga setidaknya pertengahan April, termasuk candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko yang populer di Jawa Tengah.

 

 

 

 

R1/DEVI