Surakarta Memperkenalkan Wisata Kereta Tua Joko Kendil

Surakarta Memperkenalkan Wisata Kereta Tua Joko Kendil

17 Februari 2020
Surakarta Memperkenalkan Wisata Kereta Tua Joko Kendil

Surakarta Memperkenalkan Wisata Kereta Tua Joko Kendil

RIAU1.COM -  Pemerintah kota Surakarta di Jawa Tengah telah bekerja sama dengan operator kereta api milik negara PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mengoperasikan lokomotif uap tua sebagai kereta wisata.

Diberi nama KA Joko Kendil, lokomotif uap D 1410 berusia 99 tahun dan mobil-mobilnya baru saja dipugar.

“Ini adalah satu-satunya kereta D 1410 di dunia yang masih dapat berfungsi,” Edi Sukmoro, presiden direktur PT KAI, mengatakan kepada tempo.co seperti dilansir Riau1.com pada peluncuran kereta pada hari Minggu di Surakarta, Jawa Tengah.

Dia menambahkan bahwa lokomotif diciptakan oleh produsen Jerman Hanomag pada tahun 1921, sedangkan mobil-mobil antik diproduksi di Belanda pada tahun 1938 dan digunakan untuk penumpang kelas mewah.

Walikota Surakarta FX Hadi "Rudy" Rudyatmo mengatakan kereta akan melayani rute 7 kilometer dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Sangkrah.

“Jika memungkinkan, akan mencapai [Stasiun] Wonogiri,” tambahnya.

Menurut kompas.com, pemerintah kota dan PT KAI bekerja sama pada tahun 2009 untuk mengoperasikan lokomotif uap tua bernama Sepur Kluthuk Jaladara atau kereta wisata Jaladara.

Kereta akan membawa penumpang dalam perjalanan dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Solo Balapan. Selama perjalanan 6 km, kereta vintage akan berhenti di tempat-tempat wisata populer, seperti Loji Gandrung, Taman Sriwedari, pasar barang antik Triwindu dan pusat batik di Gladag dan Kauman.

Edi mengatakan bahwa kereta api kuno telah menarik pelancong dari Indonesia dan luar negeri. Dia berharap kereta wisata Joko Kendil akan semakin meningkatkan pariwisata kota.

 

 

 

R1/DEVI