Sangat Fantastis, Utang BPJS Kesehatan ke Seluruh Rumah Sakit se-Indonesia Mencapai Rp 17 Triliun

Sangat Fantastis, Utang BPJS Kesehatan ke Seluruh Rumah Sakit se-Indonesia Mencapai Rp 17 Triliun

12 November 2019
Aktivitas di Kantor BPJS Kesehatan.

Aktivitas di Kantor BPJS Kesehatan.

RIAU1.COM - Sangat fantastis. Ternyata utang BPJS Kesehatan ke seluruh Rumah Sakit se-Indonesia ini mencapai Rp 17 triliun.

Angka itu tidak main main. Sangat besar. 


Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) Kuntjoro.

 

"Piutang [rumah sakit ke BPJS] yang saya tau hingga 30 September 2019 itu Rp 17 triliun. Semua, se-Indonesia," katanya di gedung DPR Selasa (12/11/2019), seperti dilansir CNBC Indonesia. 

Menurut Kuntjoro angka tersebut bukanlah jumlah yang sedikit. Karenanya PERSI menekankan agar BPJS bisa segera menyelesaikan kewajibannya tersebut. Jika tidak, operasional RS yang berpotensi terganggu.
 

"Terpenting sekarang bayar dulu. Saya kan rumah sakit nih. Yang penting dibayar dulu aja. Supaya pasien yang non BPJS-nya itu meningkat," lanjut Kuntjoro.

Loading...


Sudah menjadi rahasia umum jika jumlah pasien dengan menggunakan BPJS menjadi mayoritas di banyak RS. Pun di RS besar, jumlah pasien non BPJS masih kalah dengan pasien BPJS.

"RS besar seperti Gatot Subroto bisa 30-40% yang pasien non BPJS," lanjutnya.

Karenanya, RS sebaiknya jeli dalam menentukan daftar penyakit mana saja yang bisa maupun tidak bisa digunakan dengan BPJS.

"Makanya RS inovasi. Apa aja penyakit yang tidak dibiayai non BPJS. Kan ada penyakit yang tidak dibiayai BPJS. How to treat services itu ditentukan leadernya," kata Kuntjoro.

Bukan kali ini saja utang BPJS naik ke permukaan. Sebelumnya, anggota Komisi 9 DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan bahwa utang BPJS kepada RS yang berada di bawah Muhammadiyah mencapai Rp 300 miliar.

 

"Pimpinan pusat Muhammadiyah bilang ke saya tolong diingatkan Kementerian Kesehatan BPJS mereka punya utang 300 miliar kepada Rumah Sakit Muhammadiyah di Indonesia tolong ini diperintahkan agar jangan sampai operasional rumah sakit yang membantu masyarakat terkendala," sebut Daulay kala Rapat Dengar Pendapat antara Kemenkes beberapa waktu lalu.

R1 Hee.