Distan Bengkalis Kenalkan Budi Daya Labu Madu Jenis Hana untuk Tingkatkan Ekonomi Petani

Distan Bengkalis Kenalkan Budi Daya Labu Madu Jenis Hana untuk Tingkatkan Ekonomi Petani

20 Oktober 2019
Para petani peserta sosialisasi budi daya labu madu yang ditaja Distan Bengkalis

Para petani peserta sosialisasi budi daya labu madu yang ditaja Distan Bengkalis

RIAU1.COM - Dinas Pertanian (Distan) Bengkalis menggelar sosialisasi bertajuk 'Prospek Budi Daya Labu Madu Jenis Hana Dalam Peningkatan Ekonomi Petani'.

Kegiatan sosialisasi diikuti 115 petani dari berbagai kelompok tani di seluruh kecamatan se-Kabupaten Bengkalis dan tenaga penyuluh.

Dalam kesempatan itu, Distan Bengkalis mendatangkan narasumber dari Pekanbaru yaitu Harsan selaku praktisi pertanian, dan Alex selaku distributor.

Materi sosialisasi antara lain, teknis penanaman Labu Madu jenis Hana, pengendalian, penanggulangan hama, analisa, prospek, pemasaran dan upaya pendampingan. 

"Kegiatan ini, semula akan diadakan di UPT Badan Pengembangan dan Perencanaan Siak Kecil, tapi karena banyaknya peminat yang mau ikut, maka dipindahkan ke kecamatan," kata Plt Kepala Distan Bengkalis, Supardi, Sabtu 20 Oktober 2019.

"Nantinya, sosialisasi seperti ini juga akan kami adakan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Bengkalis," sambungnya.

Loading...

Supardi berharap, ada varietas tanaman yang cocok, mudah, murah biaya dan berprospek ke petani untuk bisa dikembangkan di Kabupaten Bengkalis, seperti pisang, talas, porang dan sebagainya.

"Para petani mari terus menanam, memanfaatkan lahan dengan tanaman yang sangat berpotensi ini," ajaknya.

"Terimakasih kepada semua pihak, dan mudah-mudahan kedepannya bisa terus bersama-sama mengembangkan varietas unggulan yang cocok untuk dikembangkan di Bengkalis," pungkasnya.