Tingkatkan Mutu Pelayanan, Diskes Bengkalis Gelar Evaluasi Penggunaan Obat Rasional

Tingkatkan Mutu Pelayanan, Diskes Bengkalis Gelar Evaluasi Penggunaan Obat Rasional

4 Agustus 2019
Diskes Bengkalis dan para peserta kegiatan evaluasi  penggunaan obat rasional bagi petugas Puskesmas

Diskes Bengkalis dan para peserta kegiatan evaluasi penggunaan obat rasional bagi petugas Puskesmas

RIAU1.COM - Diskes Kabupaten Bengkalis terus melakukan peningkatan mutu pelayanan kefarmasian melalui Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Seksi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan, Edi Sudarto.

Edi Sudarto mengungkapkan, para peserta pertemuan evaluasi tersebut merupakan perwakilan setiap Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas se-Kabupaten Bengkalis.

Total peserta berjumlah 36 orang petugas, dari 18 Puskesmas, terdiri dari masing-masing Puskesmas 2 orang petugas kesehatan, yaitu satu penanggungjawab kefarmasian dan satu dokter penanggungjawab terkait peresepan obat.

"Pertemuan kemaren kita undang narasumber dari Diskes Riau yang membawa materi indikator penggunaan obat rasional dan simulasi menghitung indikator penggunaan obat rasional serta evaluasi penggunaan obat rasional tingkat provinsi," kata Edi Sudiarto, Ahad 4 Agustus 2019.

Edi menuturkan, pihak RSUD Petala Bumi Pekanbaru sebagai narasumber, langsung menyampaikan materi penggunaan antibiotik yang bijak dan penerpanan penggunaan obat rasional.

Sedangkan narasumber dari RSUD Bengkalis, menyampaikan materi terkait penggunaan antibiotik penyakit ISPA Non Pneumoni, antibiotik pada diare non spesifik, injeksi pada myalgia.

Loading...

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan Diskes Bengkalis, Heri Pratikno menyampaikan, penggunaan obat rasional dapat disebut rasional apabila pasien menerima terapi yang tepat sesuai dengan kebutuhan klinik sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.

Pemberian terapi dilakukan pada periode waktu yang kuat, serta dengan harga yang terjangkau untuk pasien dan masyarakat berdasarkan WHO 1985.

"Dalam pertemuan tersebut, dihasilkan capaian indikator kinerja penggunaan obat rasional tahun 2019, Kabupaten Bengkalis tahun 2018 sudah tercapai target indikator kinerja penggunaan obat rasional sebesar 64,42 sedangkan target kinerja indikator POR nasional yaitu 60 persen tahun 2018," pungkasnya.