Senin, 25 Maret 2019

ADVERTORIAL

Kunker ke Rambah Samo, Bupati Sukiman Bantu Alat Pengolahan Minyak Serai di Desa Teluk Aur

news24xx


Bupati Rohul H Sukiman meninjau kebun Serai Wangi milik sejumlah petani di Desa Teluk Aur/ADV/alfa Bupati Rohul H Sukiman meninjau kebun Serai Wangi milik sejumlah petani di Desa Teluk Aur/ADV/alfa

RIAU1.COM - Rambah Samo - Bupati Rohul H Sukiman meninjau kebun Serai Wangi milik sejumlah petani di Desa Teluk Aur Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu Ahad (10/3/2019).

Dalam kunjungan tersebut orang nomor satu di Rohul itu secara simbolis memberikan bantuan alat pengolahan minyak serai wangi kepada petani.

Pemerintah Kabupaten Rohul mendorong masyarakat untuk budidaya kebun tanaman serai wangi, nantinya membantu bibit serai wangi kepada petani di desa tersebut.

Karena serai wangi merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai penghasil minyak atsiri. Tanaman ini mudah dibudidayakan dan tidak menuntut perlakuan khusus, sehingga bagi masyarakat yang berminat mengembangkannya terbuka peluang yang besar.

"Pemerintah daerah siap membantu bibit dan alat pengolahan serai wangi menjadi minyak Atsiri kepada petani yang melakukan budidaya serai wangi. Saya minta Camat Rambah Samo dan Kades Teluk Aur mencari lahan  kosong untuk budidaya tanama serai wangi," ujarnya.

Seperti diketahui, lanjutnya, setelah proses penanaman sereh wangi dilakukan, petani bisa panen perdana ketika tanaman tersebut berumur 6 bulan. Dimana panen rata-rata serai wangi dalam setahun empat kali atau per tiga bulan sekali.

"Masa panen yang singkat ini, membuat tanaman penghasil minyak atsiri ini mulai digemari oleh masyarakat di sejumlah kecamatan di Rohul," katanya

Bupati Sukiman mengaku, dalam rentang waktu lima tahun, petani tidak perlu lagi menanam bibit baru. Bahkan, jika tanaman ini dirawat dan dipupuk dengan baik, masa produktif serai wangi bisa mencapai umur 10 tahun.

Tanaman serai wangi sangat mudah tumbuhnya, bisa ditanam dalam iklim apa pun dan berbagai kondisi tanah. Hasilnya tetap menguntungkan bagi petani. Karena harga jual minyak serai wangi lumayan menambah pendapatan petani.

"Potensinya cukup besar, untuk pengembangan budidaya tanaman serai wangi di daerah kita ini," pungkas Bupati.***


(Adv/Kominfo Rohul/alfa)