Rabu, 23 Oktober 2019

MERANTI

Diselimuti Kabut Asap, KSOP Selatpanjang Imbau Nakhoda Jaga Kecepatan Berlayar

news24xx


Kabut Asap di Perairan Selatpanjang pada pagi hari Kabut Asap di Perairan Selatpanjang pada pagi hari

RIAU1.COM - Asap pekat terlihat mulai menyelimuti Kabupaten Kepulauan Meranti. Untuk itu, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang menghimbau kepada seluruh pengguna jasa maritim untuk waspada dan selalu menjaga keselamatan pelayaran.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhan, KSOP Selatpanjang, Ade Kurniawan mengatakan, menyikapi kabut asap ini, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran berupa himbauan untuk mengantisipasi resiko kecelakaan dalam aktivitas pelayaran yang mungkin terjadi.



BACA JUGA : Tradisi Mandi Safar di Tasik Nambus Diserbu Ribuan Pengunjung



"Kita sudah keluarkan surat edaran sejak tanggal 26 Agustus kemarin. Diawal terjadinya karhutla kita sudah melakukan aksi dengan menghimbau nakhoda untuk mengaktifkan alat komunikasi dan navigasi pelayaran dengan baik" terang Ade, Selasa (10/9/2019).

Dengan kondisi kabut asap ini diharapkan kepada seluruh nakhoda agar memperhatikan cuaca dan menjaga kecepatan berlayar. Bukan tanpa alasan, pekatnya kabut asap dikhawatirkan akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan terjadi.



BACA JUGA : Sampena Hari Sumpah Pemuda, DPK-KNPI Tebing Tinggi Akan Adakan Kemah Milenial



"Kami berharap kita sama-sama jaga kondisi ini, Karena di kampung balak infonya masih terjadi kebakaran. Jadi kabut asap akan terjadi berfluktuasi, ketebalan kabut asap juga akan berbeda setiap hari. Jadi nakhoda harus perhatikan itu betul-betul" katanya lagi.

Meski demikian, Ade mengatakan belum ada aktivitas pelayaran yang dibatalkan akibat kabut asap ini. Semua masih berjalan kondusif.

"Sampai saat ini belum ada yang dibatalkan dan tidak ada catatan laka laut yang tidak diinginkan. Semua masih dalam kondisi kondusif" tutupnya. 




DN05 | Desktop - Read Right Side 300px